Senin, 02/03/2015 Daerah 1601 hits

LINTAS BARAT - Di beberapa Kecamatan di Bungo terdapat Obyek Wisata, jika di kelola dengan baik bisa mendatangkan PAD untuk Pemerintah Kabupaten Bungo.

Salah satu obyek wisata yang layak dikelola dan dipromosiokan ke luar Kabupaten Bungo, yaitu Air Terjun Telago Jando. Terletak di Dusun Buat, Kecamatan Bathin III Ulu Bungo Provinsi Jambi. Keindahan alam terlihat di sekitar Air Terjun Telago Jando, nuansa alami jauh dari hiruk pikuknya bising kota dan polusi udara, menambah nuansa alami aset wisata pemerintah Kabupaten Bungo.

Warga Dusun Buat, terus mejaga dan membersihkan Air Terjun Telago Jando secara bergotong royong. Datuk RIO dusun Buat Fahrur Rozi mengatakan, kita berharap Pemerintah Bungo untuk memperhatikan aset wisata ini, kalau dikelola dengtan baik, bisa menjadi pemasukan pendapatan PAD, " Sayangnya sampai saat ini belum ada tanda-tanda dari Pihak Pemerintah Bungo, khususnya Dinas Pariwisata untuk mengelola Air Terjun Telago Jando. Bahkan jalan menuju ke air terjunj ini rusak parah. Sudah dua kali kita melayngkan surat ke dinas terkait untuk dilakukan pengaspalan ke Air Terjun Telago jando, namun sampai saat ini belum ada tanbgapan". Ujar Fahrur Rozi.

Ditambahkan lahi oleh Fahrur Rozi, sudah ada empat orang pengusaha dari luar Bungo yang menawarkan diri untuk mengelola Air Terjun Telago Jando ini,dari Provinsi Sumbar, Provinsi Sumatera Utara, Jawa dan Jakarta namun kita menolaknya dikarenakan kita tidak ingin pihak luar yang mengelola aset wisata bersejarah ini. " Kita menginginkan Pemerintah Kabupaten Bungo sendiri yang mengelolanya, biar tetap terjaga, baik itu kealamianya dan kebersihan Air Terjun Telago Jando. Bukanya kita tidak mempercayai investor yang ingin mengebangkan wisata di Bungo, kita sudah melihat contoh-contoh yang sudah terjadi, baik itu wisata maupun hasil bumi, pihak luar kebanyakan hanya mencari untung saja dan tidak peduli dengan alam dan masyarakat sekitar". Ujar Farur Rozi.

Air Terjun Telago Jando terletak di Dusun Buat Kecamatan Bathin III, setiap hari libur tidak sepi dari pengunjungnya, baik itu yang datang dari kabupaten Bungo sendiri, dari kabupaten tetangga maupun dari luar Provinsi Jambi. Selain memiliki nilai sejarah kehidupan masyarakat tempo dulu, Air Terjun Telago Jando memiliki nilai jual wisata yang tak kalah dengan obyek wisata lainya di Indonesia.

Rasa menyayangi, menjaga kelestarian maupun kebersihan Air Terjun Telago Jando, di wujudkan oleh Warga Dusun Buat dengan melakukan gotong royong membersihkan rumput liar maupun kotoran sampah dan sebagainya di sekitar Air Terjun Telago Jando ini.

Harapan besar di utarakan langsung oleh Warga Dusun Buat melalui Datuk RIO (Kepala Desa Buat) kepada Dinas Terkait untuk memperhatikan Air Terjun Telago Jando, salah satunya warga berharap, jalan menuju Air terjun ini bisa di lakukan pengaspalan. (sty)

sumber : http://lintasbarat.com/berita-515-air-terjun-telago-jando-aset-wisata-yang-terlupakan.html

: tanpa label