Sabtu, 01/09/2018 OPD 322 hits

bungokabg.go.id - Adipura merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil dalam menjaga kebersihan lingkungan serta unggul dalam pengelolaan sampah. Kabupaten Bungo telah berhasil meraih penghargaan Adipura Tahun 2017 lalu. Tahun ini, Kabupaten Bungo juga bertekad untuk mempertahankan piala Adipura. Namun, ada beberapa perbedaan dalam teknis penilaian Adipura tahun ini. Saat ini, penilaian untuk meraih piala Adipura meliputi Penilaian Tahap I, Penilaian Tahap II, danVerifikasi serta harus didukung laporan program kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dan tersusunnya Kebijakan Strategis Daerah (JAKSTRADA) Tentang Pengelolaan Sampah.

Kabupaten Bungo telah melaksanakan TBBS sejak awal tahun 2018 dan masih berlangsung sampai saat ini. Begitu juga dengan JAKSTRADA sudah dalam tahap penyusunan. Sedangkan tahapan penilaian, Kabupaten Bungo telah melalui Penilaian Tahap I (P1) dan Penilaian Tahap II (P2). Untuk itu, saat ini Kabupaten Bungo, yakni Kota Muara Bungo sedang mempersiapkan diri dalam Verifikasi yang akan dilakukan pada Bulan September ini.


Untuk kesiapan verifikasi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo sudah mengirim surat himbauan kepada seluruh penanggung jawab titik pantau Adipura agar bersiap untuk verifikasi Adipura pada awalSeptember ini.Petugas Kebersihan serta masyarakat yang wilayahnya menjadi titik pantau Adipura pun sudah mulai meningkatkan pemeliharaan kebersihan dalam menghadapi verifikasi Adipura ini.

Rencananya, tim koordinasi Adipura juga akan turun langsung kelapanganuntuk melakukan pemantauan. Selain itu Tim Koordinasi Adipura Kabupaten Bungo ini akan melaksanakan rapat dengan seluruh pihak terkaituntuk persiapan verifikasi Adipura dalam minggu ini.(ysr)

: tanpa label