Juma't, 27/07/2018 OPD 112 hits

bungokab.go.id - Padahari Kamis, tanggal 26 juli 2018 Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bungo, Kepala Bidang Pengawasan dan Peningkatan Daya SaingDinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jambi beserta rombongan melakukan Penyuluhan dan Pembinaan padaPokmaswas NAPAL PUTIH Ds.  Rantau Pandan Kec. RantauPandan Kab. Bungo. Kawasan Perikanan Lubuk manik yang ada di Dusun Rantau Pandan didominasi oleh ikanLampam, Gurami, Semah. Luas suaka ini lebih kurang 4.500 meter persegi. Kawasan suaka ini tidak boleh dipanen karena merupakanlumbung ikan, tempat ikan berkembang biak. Hal ini sudah dikuatkan denganKeputusan Bupati Bungo nomor 53/Disnakkan tahun 2013.


Pada kesempatan itu disampaikan pula pentingnya kontiniuitas terhadap pengawasan pada KawasanSuka Perikanan Lubuk Manik karenamasih adanya orang-orang yangmenggunakan alat strum, potas, pestisida dan sebagainya, untuk menangkap ikan.  Disamping itu juga masih maraknya pelakuPETI yg dapat merusak lingkungan, terutama perairan umum yakni sungaiyang dijadikan sarana MCKmenjadi tercemar. Kedepannya diharapkan dalam  melaksanakan pengawasan Pokmaswas dapat melibatkan pihak-pihak terkait seperti BABINSA, POLSEK,KORAMIL dan Aparat Desa setempat dan beberapa pihak yangberkepentingan.


Setelahmelakukan penyuluhan Kepala Dinas Peternakandan Perikanan Kab. Bungo, Kepala Bidang Pengawasandan Peningkatan Daya Saing Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jambi melajutkanmonitoring ke kegiatan lokasi pembibitan ikan lokal di Lubuk beringin sekaligusmemantau perkembangan Reservat Lubuk Alai Ds. Lubuk Beringin KecamatanBathin III Ulu. KawasanSuaka Perikanan yang ada di Dusun Lubuk Beringin ini didominasi ikan semah saja. Luaskawasan suaka ini sekitar 10.000 meter persegi. Kawasan ini sesuai denganKeputusan Bupati Bungo nomor 34/ Disnakkan Tahun 2015. Tidak boleh dipanen ataudiambil. Apabila ada yang melanggar, maka akan dikenakan sanksi sesuai denganUU Perikanan no. 31 tahun 2004 yang diperbarui no 45 Tahun 2009. Padakesempatan tersebut dilakukan pembinaan kepada Petugas Reservat besertamasyarakat tentang pentingnya Kawasan tersebut bagi ketersediaan ikan lokal diKabupaten Bungo guna melestarikan Ikan Asli Daerah setempat. Diharapkan setelah beroperasinyatempat pembibitan ikan lokal di kawasan suaka LubukBeringin tersebutKabupaten Bungo bisa menghasilkansumber bibit ikan-ikanlokal antara lain : bibit ikan semah, ikan lampam, baung dan lainsebagainya.


Suaka Perikanan Lubuk Alai


Suaka Perikanan Lubuk Manik


: tanpa label