Senin, 30/07/2018 OPD 148 hits

bungokab.go.idPKK Kabupaten Bungo mengadakan beberapa kegiatan diantaranya pemanfaatan lahan pekarangan untuk dibuat bak kolam terpal guna menunjang produksi ikan masayakat setempat yang mana untuk benih dan pakannya akan di bantu oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo. Dalam hal ini Dusun Suka Makmur terpilih sebagai Dusun Percontohan PKK Kabupaten Bungo. 


Hari ini senin 30 Juli 2018 Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo beserta staff bersama dengan PJS Rio dan Sekdus Dusun Suka Makmur Kec. Bathin II Babeko meninjau lansung kesiapan warga yg akan diberi bantuan bibit lele beserta pakannya. Pada kesempatan tersebut Kepala  Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo menyarankan bagi yang sudah membuat kolam terpal supaya segera mengisi airnya dan bagi yang belum segera membuat bak terpal tersebut karena dalam waktu dekat, ± 1 minggu bibit dan pakan akan di drop ke lokasi masing-masing.

Kolam bak terpal sendiri biasanya berukuran 1 x 2 m dengan pemberian benih sekitar ± 250 ekor dan 2 x 4 m pemberian benih ± 500 ekor. Untuk saat ini Dusun Suka Makmur di targetkan memiliki sekitar 30-40 bak kolam terpal. Untuk menunjang pendistribusian benih ikan dan pakan ke masing-masing bak kolam terpal diharapkan penyuluh dapat mendata keseluruhan kolam yang ada beserta luas kolam agar pendistribusian dapat dilakukan secara merata.

Usai peninjauan Dusun Percontohan PKK rombongan bergerak ke lokasi pembuatan kolam Balai Benih Ikan (BBI) Bantu di Dusun Sungai Mengkuang Kecamatan Rimbo Tengah. Luas Area BBI Bantu ini diperkirakan seluas 1.5 Ha dengan target pembuatan kolam sebanyak 10 petak. Saat ini kolam yang sedang digarap baru 8 Petak dengan ukuran masing-masing kolam ± 20 x 15 m. Kedepannya diharapkan dengan adanya BBI Bantu di Dusun Sungai Mengkuang ini dapat menunjang kesiapan bibit ikan Nila, Emas, dan jenis ikan lainnya guna di salurkn ke masyarakat yang membutuhkan bantuan ikan tersebut.

: tanpa label